selamat Datang

Terima Kasih kepada sanak yang telah mampir di blog yang sederhana ini,.mohon kritikan dan saran untuk kemajuan blog yang kami kelola ini..
thanks atas partisipasinya,

Sabtu, 18 Desember 2010

NAGARI AIR HAJI

Air Haji adalah salah satu dari 37 Nagari yang ada di Pesisir Selatan yang terletak 93 km dari Kota Painan Kab. Pesisir Selatan ke arah selatan menuju Prop. Bengkulu.

Asal nama Nagari Air Haji menurut cerita yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat adalah bermula dari “ tapian aia (pinggir sungai) ” di hulu sungai Lubuak Pakih. Ditapian aia tersebut tinggalah seseorang yang baik hati bernama Si Aji. Karena tempatnya yang landai serta airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang untuk datang dan mandi di tapian itu. Begitu digemarinya tapian itu masyarakat menamakannya dengan sebutan “ Tapian Aji ”. Karena kemurahan hati Si Aji masyarakat diperbolehkan untuk tinggal dan membuat dumah didekat tapian tersebut, sehingga tapian tersebut menjadi ramaidan berkembang menjadi sebuah perkampungan penduduk yang mereka namakan “ Aia Aji “. Seiring dengan perkembangan zaman kampung tersebut berkembang menjadi Nagari didalam bahasa Indonesianya disebut “ AIR HAJI ”.

Nagari Air Haji berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Linggo Sari Baganti yang secara geografis memiliki batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara : dengan Nagari Punggasan
Sebelah Selatan : dengan Nagari Indrapura
Sebelah Barat : dengan Samudra Indonesia
Sebelah Timur : dengan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS )

Nagari Air Haji terdiri dari 25 Kampung, yakni :
1. Sungai Sirah Hilir
2. Sungai Sirah Mudik
3. Kumpulan Banang
4. Rawang Bakung
5. Labuhan Tanjak
6. Palak Langang
7. Muaro Gadang Barat
8. Muaro Gadang Timur
9. Durian Pandaan
10. Tanjung Medan
11. Tanjung Mudik
12. Alang Sungkai
13. Sikabu
14. Bukit Kaciak
15. Danau
16. Luar Parit
17. Koto Langang
18. Muaro Air Haji
19. Pasar Lamo
20. Koto Panai
21. Koto Merapak
22. Lubuk Buaya
23. Koto Gadang
24. Bukit Silapu
25. Air Sikambing

Topografi Nagari Air Haji terdiri dari daratan dan perbukitan dengan ketinggian dari permukaan laut berkisar 2,5 – 17 meter. Kondisi lainnya Nagari Air Haji memiliki sebuah sungai besar yaitu Batang Air Haji yang banyak digunakan penduduk selain untuk sumber air minum dan MCK juga digunakan untuk irigasi persawahan.

Luas wilayah Nagari Air Haji adalah 143,76 km2, sebgian besar wilayahnya merupakan hutan negara yaitu 40,89 %, lahan untuk budidaya pertanian sebesar 39,38 %, sementara lahan untuk pemukiman / perumahan hanya 1,97 %, sisanya yaitu sebesar 17,76 % terdiri dari semak / padang lalang dan lainnya.

Pada akhir tahun 2008 penduduk Nagari Air Haji berjumlah 20.548 jiwa yang terdiri dari 9.730 laki-laki dan 10.817 perempuan dengan jumlah kepala kelurga 5.166 KK. Mata pencaharian penduduk Nagari Air Haji pada umumnya bertani / berkebun, nelayan dan berdagang, sedikit sekali yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri / Swasta.

Hasil produksi pertanian adalah Padi sawah (beras), jagung, ubi kayu, cabe, kacang panjang, kacang tanah dan terung. Hasil perkebunan adalah kelapa sawit, coklat, kelapa, karet gambir dan pinang.
( Sumber : Kantor Wali Nagari Air Haji )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

ANGGOTA