selamat Datang

Terima Kasih kepada sanak yang telah mampir di blog yang sederhana ini,.mohon kritikan dan saran untuk kemajuan blog yang kami kelola ini..
thanks atas partisipasinya,

Sabtu, 18 Desember 2010

Warga Temukan Mortir Aktif di Lahan Pertanian

Warga Temukan Mortir Aktif di Lahan Pertanian

Diky Lesmana - Posmetro Padang

Masyarakat Kampung Sungai Liku Kecamatan ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, digegerkan dengan penemuan 4 mortir dan 3 granat nenas aktif oleh salah seorang warga setempat Sabtu (11/12/2010) sekitar pukul 14.00 WIB dilokasi persawahan warga. Ke sembilan alat perang berdaya ledak tinggi tersebut ditemukan dalam kondisi aktif.

Dari informasi yang dirangkum, mortir dan granat nenas tersebut ditemukan oleh Ujang (45) salah seorang petani warga setempat diareal persawahannya.

Siang itu, Ujang sedang bekerja mencangkul sawahnya. Saat melakukan pencakulan itu. Cangkul milik Ujang mengenai salah satu benda keras berupa besi. Dengan rasa penasaran Ujang melakukan penggalian dilokasi itu.

alangkah kagetnya Ujang, saat itu ia menemukan sebuah alat peledak berbentuk mortir dan garnat nenas. Merasa ketajutan, Ujang langsung memberitahukan hal tersebut ke warga yang berada dekat dari loaksi itu. Kemudian, warga juga melaporkan hal tersebut ke pihak Koramil Ranah Pesisir.

Mendapati laporan tersebut, petugas yang berada di Koramil langsung menuju lokasi dan memberitahukan hal penemuan tersebut ke Makodim 0311 Pessel di Painan.

" Berdasarkan informasi diatas kita langsung menuju lokasi penemuan mortir dan granat tersebut," ujar Komandan Unit Intel Kodim 0311 Pessel, Lettu inf Bambang Hermanto kemarin.

Menurutnya, jenis 4 mortir yang ditemukan tersebut merupakan jenis mortir 81 dan 3 granat nenas. Keseluruhan masih dalam kondisi aktif. Diperkirakan, daya ledak mortir tersebut mencapai 200 meter dari pusat letusan.

" Jika benda tersebut meldak saat ditemukan berkemungkinan besar kampung ini akan hancur kena ledakannya. namun, beruntung alat yang memiliki daya ledak tinngi ini ditemukan dengan jinak. Diperkirakan mortir dan granant ini merupakan sisa peninggalan penjajahan belanda," katanya.

Benda ini untuk sementara, akan disimpan di Makodim 0311 Pessel, selanjutnya akan diserahkan ke Paldam I Bukit Barisan untuk diamankan.(harian padang today)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

ANGGOTA