selamat Datang

Terima Kasih kepada sanak yang telah mampir di blog yang sederhana ini,.mohon kritikan dan saran untuk kemajuan blog yang kami kelola ini..
thanks atas partisipasinya,

Selasa, 25 Januari 2011

Harga Gambir Merangkak Naik

Surantih, Januari----

Harga komuditas gambir di sejumlah pedagang pengumpul di pasar tradisional Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) merangkak naik. Dari harga Rp14 ribu perkilogram, naik menjadi Rp 16.000 perkilogram.

"Harga komoditi eksport itu sudah mulai berangsur naik sejak sepekan terakhir. Meski demikian, harga itu juga belum dapat membuat kami (petani) bergairah, karena harga itu masih saja terbilang rendah. Biaya produksi belum seimbang dari harga jual getah, ungkap Masri petani gambir di Surantih Senin (24/1) siang.

Sebelumnya, harga getah gambir anjlok pada posisi Rp14 ribu perkilogram. Harga itu bertahan beberapa bulan hingga sepekan terakhir. Sehingga petani gambir mengeluh karena harga jual tidak seimbang dengan biaya produksi. Kondisi terakhir, petani sempat memiliki utang bertumpuk kepada seseorang (pedagang).

Untuk membayar utang dengan alasan pinjaman itu, petani harus menjual seluruh produksi kepada pegadang tersebut sesuai dengan harga saat itu.

Data Dinas Perkebunan Pessel mencatat luas potensi perkebunan gambir tahun 2009 di pessel 6.900 hektare dan luas perkebunan yang telah di manfaatkan sebanyak 6.013 hektare. Tahun 2010 luas itu kembali meningkat.

Jumlah petani Gambir di Pessel berjumlah 3.736 KK dengan KK terbanyak berada di Kecamatan Sutera berjumlah 2.127 KK, Koto XI Tarusan berjumlah 1.433 KK dan Batang Kapas sebanyak 98 KK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

ANGGOTA