selamat Datang

Terima Kasih kepada sanak yang telah mampir di blog yang sederhana ini,.mohon kritikan dan saran untuk kemajuan blog yang kami kelola ini..
thanks atas partisipasinya,

Selasa, 25 Januari 2011

Pulau Penyu Pessel Objek Wisata Potensial

Painan,Januari----

Pulau Penyu di Kabupaten Pesisir Selatan prospektif untuk dikembangkan untuk menarik wisatawan dengan mengelola penyu-penyu yang ada di sekitar pulau.

Pulau Penyu yang bisa dicapai dengan perahu motor ini terkenal dengan pantai berpasir putih, indah serta banyak menyimpan potensi laut.

Jarak ke pulau yang harus dilewati dari Pelabuhan Panasahan, Pesisir Selatan kira-kira 19 mil perjalanan laut.

wartawan pesisirselatan.go.id dalam perjalanan ke Pulau Penyu, bersama rombongan Dinas Parwisata Pessel, ikut menikmati indahnya pemandangan laut. Pulau-pulau kecil yang dilewati membuat perjalanan semakin mengasyikkan.

Tak heran jika Pulau Penyu merupakan target wisata di samping pelestarian penyu yang terus dikembangkan Pemkab Pessel.

Pulau yang luasnya sekitar 8 hektar ini merupakan tempat favorit bagi binatang yang lamban berjalan di darat untuk bertelur. Pulaunya sangat alami karena memang dikondisikan demikian, membuat penyu nyaman menyimpan telurnya dalam pasir di pulau ini.

Sekali bertelur, penyu biasanya bisa menghasilkan sampai ratusan butir. Setelah bertelur di pulau ini, penyu-penyu biasanya kembali ke meninggalkan telur-telurnya.

Kini jenis penyu yang masih tersisa di Pulau Penyu ini hanya tiga sepesies. Yakni penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing.

Kondisi penyu-penyu yang kian punah inilah yang membuat Pemkab Pessel bermaksud ingin melestarikannya. Kepunahannya antaralain karena menjadi incaran manusia.

Telur penyu yang berjumlah ratusan butir ini diambil untuk ditetaskan di pusat pengembangan penyu Kabupaten Pessel di Pulau Kerabak Ketek.

Pulau Kerabak Ketek merupakan konservasi penyu satu-satunya di Sumatera.

Bahkan pemkab bersedia membeli semua telur penyu ini pada warga agar dapat ditetaskan sebagai pelestarian penyu-penyu yang hampir punah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

ANGGOTA