selamat Datang

Terima Kasih kepada sanak yang telah mampir di blog yang sederhana ini,.mohon kritikan dan saran untuk kemajuan blog yang kami kelola ini..
thanks atas partisipasinya,

Jumat, 24 Desember 2010

Harga Gambir Anjlok Di Pesisir Selatan

Harga Gambir Anjlok Di Pesisir Selatan
print send pdf
Desember 2010

Painan Desember---
Petani gambir Pesisir Selatan mengeluhkan harga gambir saat ini. Pasalnya, harga komoditi tersebut anjlok sejak sepekan terakhir ditingkat petani. Dari harga sebelumnya Rp20.000 kini menjadi Rp15.000 per kilogram. November lalu harga getah gambir kering ini sempat berada pada posisi Rp26 ribu per kilogram. Sementara, harga daun gambir basah berada pada posisi Rp1.600,-, perkilogram.

"Harga getah gambir kini turun lagi. Pekan lalu, getah gambir kering Rp.20 Ribu perkilogram, kini hanya Rp.15.000,- perkilogram. Kualitas getah kami bagus, tidak pernah dicampur dengan bahan lain yang membuat anjloknya kwalitas ini. Harga itu sungguh sangat dibawah yang diduga. Jika ini berlanjut, bukan sedikit lagi petani gambir disini banting setir ke pekerjaan lain", ungkap Zal petani gambir di Batangkapas tadi pagi.

Pada beberapa bulan lalu harga gambir ini sempat mandep (bertahan) pada posisi yang sangat rendah ini, yakni Rp.14 Ribu perkilogram. Sehingga membuat petani mengeluh karena, biaya yang harus dikeluarkan untuk keluarga dan upah buruh dalam mengolah gambir basah menjadi gambir kering yang siap untuk dipasarkan saat itu tidak lagi seimbang dengan penghasilan yang didapat sebagai petani gambir.

Idealnya harga gambir kering ditingkat petani diatas Rp.30 Ribu perkilogram. Dengan harga tersebut petani gambir baru bisa bergairah, karena selain keuntungan yang didapat, petani juga akan mendapatkan sedikit ujung (sisa) untuk simpanan keluarganya dari hasil penjualan gambir.
Selain Siguntur Kecamatan Koto XI Tarusan, kini beberapa kecamatan kainnya di Pesisir Selatan seperti Batangkapas, Sutera juga penghasil gambir terbesar di Sumbar. Mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani gambir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

ANGGOTA